Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DETEKSI DINI TBC, DANPOSAL ATAPUPU IKUTI SOSIALISASI DAN SCREENING DAHAK SEWAKTU



Lantamal VII Kupang - Komandan Pos TNI AL (Danposal) Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T, S.H., mengikuti Sosialisasi dan Screening Dahak Sewaktu untuk Deteksi dini terduga TBC, bertempat di Aula Koperasi TKBM Atapupu, Desa Jenilu, Kec. Kakuluk Mesak, Kab. Belu, Prov. NTT. Kamis (16/07/2020).

 

Tuberkulosis (TBC), adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

 



Kegiatan Sosialisasi dan Screening Dahak Sewaktu untuk deteksi dini penderita TBC dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Atapupu yang dihadiri peserta sosialisasi -+ 45 Orang.

 

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan acara yang dilanjutkan dengan tanya jawab peserta dan dari KKP serta Puskesmas Atapupu. Setelah itu pengisian Kuesioner oleh  peserta sosialisasi yang dilanjutkan dengan pemutaran film tentang penyakit TBC dan gejala-gejala penderita TBC. Kegiatan di akhiri dengan pengambilan sampel dahak perwakilan 20 orang peserta sosialisasi.

 



Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T, S.H., dalam kesempatan di sela-sela sosialisasi mengatakan, "Screening dahak sewaktu yang dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Atapupu ini sebagai tindakan deteksi dini penyakit TBC bagi para pengguna jasa pelabuhan Atapupu".

 

Hadir dalam sosialisasi :KUPP Kelas II Atapupu, personel Koperasi TKBM Atapupu, anggota Kelompok kerja buruh TKBM 1 Kelompok, petugas uskesmas Atapupu (Analis Kesehatan), Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T. SH, personel Pos KP3L Atapupu, perspnel Satpol Air Polres Belu, Perwakilan Desa Jenilu, Ketua Majelis Gereja Petra Atapupu, Pengurus Masjid Al-Huda Atapupu, Kader KKP Atapupu, Agen PT. LIT Lines dan Agen PT. Hartini.

 

 

(JND) PEN7

posted @ Thursday, July 16, 2020 12:17 PM by Dispen Lantamal VII

Previous Page | Next Page

COMMENTS

Currently, there are no comments. Be the first to post one!
Click here to post a comment